Apa itu Bitcoin dan apa saja manfaatnya?


apa itu bitcoin dan apa saja manfaatnya?

Jika ditanya mengenai apa itu bitcoin?

Bitcoin adalah inovasi sistem pembayaran dalam bentuk mata uang virtual yang sudah dikembangkan sejak tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Mata uang ini seperti halnya Rupiah atau Dollar, namun hanya tersedia di dunia digital. Konsepnya mungkin terdengar seperti eGold dan BitGold, walaupun sebenarnya jauh berbeda.

Lalu, apa saja manfaat yang bisa didapat dari Bitcoin?

1. Transfer instant secara peer to peer.
2. Bisa transfer ke mana saja
3. Biaya transfer sangat kecil.
4. Transaksi bersifat irreversible, artinya sekali ditransfer tidak bisa dibatalkan.
5. Transaksi bitcoin bersifat anonim.
6. Bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah apapun.
7. Jumlahnya terbatas

Baca Juga :
# Cara mendapatkan uang $$ dari ziddu.com
 
Anda bisa transfer bitcoin ke mana saja di dunia asalkan terhubung dengan jaringan internet. Bitcoin akan disimpan ke dalam sebuah dompet yang disebut Bitcoin Wallet. Wallet ini harus terinstall di kedua belah pihak, bisa dengan PC/laptop, tablet ataupun smartphone. Setelah menginstall wallet, Anda akan mendapatkan Bitcoin Address (alamat bitcoin) atau jika dalam bank bisa dikatakan nomor rekening. Untuk transfer bitcoin caranya sangat mudah, buka aplikasi wallet, masukan Bitcoin Address dari lawan transaksi dan jumlah bitcoin yang ingin ditransfer, kemudian kirim.

Lalu Anda mungkin bertanya, kalau tidak ada bank atau perusahaan yang mengelola seperti halnya paypal, egold, dan BitGold lalu data keuangan disimpan di mana?

Jawabannya, di komputer Anda sendiri (dalam wallet) dan jaringan peer to peer di seluruh dunia. Uang bitcoin tersimpan di komputer Anda di dalam wallet. Jika komputer rusak sama saja uang bitcoin Anda hilang, jadi wallet bitcoin harus di-backup secara berkala ke beberapa device. Ketika melakukan transaksi, puluhan ribu komputer di dalam jaringan bitcoin akan menverifikasi data yang Anda masukan sehingga tidak terjadi kecurangan. Tapi sekarang anda tak perlu khawatir karena tersedia wallet versi Web, anda tinggal daftar dan buat akun dan mendapatkan Wallet tersebut dan bisa diakses kapan saja, dimanapun anda berada.

Silahkan pelajari detil selengkapnya di : http://blog.bitcoin.co.id

Film Lainnya


Komentar :